Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI T.A 2013-2014
PADA: PT. TELKOM INDONESIA, Tbk
UNIT FINANCE CENTER AREA 07



Disusun Untuk Melengkapi
Tugas Mata Kuliah Magang
Oleh :
SUDIRMAN
10 510 043

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN  PADA MASYARAKAT
(P3M)
STIE INDONESIA
MAKASSAR
2013

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI T.A 2013-2014
PT. TELKOM INDONESIA


NAMA                       : SUDIRMAN
NIM                            : 10 510 043
PROGRAM STUDI : AKUNTANSI KEUANGAN
FAKULTAS              : EKONOMI
                                      STIKI MAKASSAR


Menyatakan bahwa laporan ini adalah benar

    DOSEN PEMBIMBING                                                            PENULIS             
Program Studi Ilmu Ekonomi                                                                                


( Aryanti Inayah., S.E., M.Si )                                                     ( Sudirman )

Mengetahui :

Kepala P3M




( Muhammad Nadar., S.E., M.Si )




KATA PENGANTAR
                   Assalamu ‘Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan karunia-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)  ini.dengan begitu penulis menyadari sepenuhnya akan kesempurnaan laporan Kuliah Kerja Lapangan Plus ini yang masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik sebagai bahan perbaikan laporan ini agar dapat menjadi lebih baik. Oleh karena itu harapan yang senantiasa terpatri dalam penulisan laporan ini semoga bermanfaat untuk dipergunakan sebagai bahan acuan dan informasi dalm menyelesaikan permasalahan yang sama.
Dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan ucapan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu penulis baik dalam bentuk materi, moril, dan do’a dalam proses penyusunan laporan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) ini. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis tak lupa menyampiakan kepada :
1.      Kedua orang tua, Ayahanda dan Ibunda tercinta, Muh.Siri dan Halpiah yang telah banyak memberikan dukungan baik dalam bentuk material, moril, dan do’a sejak awal KKLP sampai akhir KKLP di PT.TELKOM INDONESIA
2.       Ibu DR. Maryani.,S.E.,M.Si selaku ketua yayasan STIE INDONESIA MAKASSAR.
3.      Ibu Aryanti Inayah.,S.E.,M.Si selaku ketua jurusan akuntansi STIE INDONESIA MAKASSAR.
4.      Bapak Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si selaku ketua P3M STIE INDONESIA MAKASSAR.
5.      Bapak Drs. Aksan Yusuf selaku POH. OM Regional Communication KTI
6.      Bapak Abdul Rauf Alwie selaku Operator Manejer Financial Service 0272 UBIS PO REG KTI.
7.      Bapak dan Ibu karyawan PT. Telkom Indonesia, tbk Unit Finance Center Area 07 Makassar.
8.      Bapak dan Ibu dosen serta Staff Administrasi yang telah memberikan ilmu serta bantuannya selama penulis mendalami Pendidikan di lingkungan STIE INDONESIA MAKASSAR.
9.      Arsyam selaku orang yang telah memberikan banyak bantuan dan semangat kepada peulis selama penulis menjalani proses perkuliaan.
Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Dan semoga laporan ini dapat memberi nilaimanfaat bagi para pembaca khusunya dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ilmu ekonomi dan menjadi tolak ukur keberhasilan penulis dalam penyusunan laporan. Walaupun penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.
Atas segala bantuan yang yelah diberikan, penulis sadar tidak mampu membalas itu semua kecuali menghanturkan doa kehadiirat Allah SWT semoga senantiasa memberi rahmat dan hidayah-Nya.
            Amin…….

Makassar, 08 Desember 2013

                                                                                             Penulis
           








DAFTAR ISI


HALAMAAN JUDUL …………………………………………………………     i
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………     ii
KATA PENNGANTAR ……………………………………………………….    iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..    vi
BAB    I           PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan                                    1
1.2. Pengertian Praktek Kerja Lapangan                                           2
1.3. Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Lapangan                            2
1.3.1. Tujuan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)                     2
1.3.2. Manfaat praktek Kerja Lapangan                                      3
1.4. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan          4
1.5. Metode Pengumpulan Data                                                        4
1.6. Sistematika Penulisan                                                                 5



BAB    II        GAMBARAN UMUM POTENSI LOKAL
2.1. Sejarah Singkat PT. TELKOM                                                  7
2.2. Layanan Perusahaan                                                                  11
       2.2.1. Telepon                                                                            11
2.2.2. Networ & Interconnection (Telkom Intercarier)             11
2.2.3. Data / Internet                                                                 11
2.2.4. Satelit                                                                              12
2.2.5. Fixed Wireless Access (Telkom Flexi)                           12
2.3. Visi, Misi, Dan Budaya Perusahaan                                          12
2.3.1. Visi Perusahaan                                                               12
2.3.2. Misi Perusahaan                                                              13
2.3.3. Budaya Perusahaan                                                         13
2.5. Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab                                          14

BAB    III       IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH
3.1. SAP R/3                                                                                    20
3.2. FINeST                                                                                     21
3.3. Daftar Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk             23



BAB    IV        PELAKSANAAN KEGIATAN
                        4.1. Pelaksanaan kegiatan                                                                25

BAB    V         PENUTUP
5.1. Kesimpulan                                                                               26
5.2. Saran-saran                                                                               26

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam beberapa tahun belakang, mahasiswa Fakultas Ekonomi (STIE) Makassar hingga menjelang akhir studinya lebih berfokus pada pemerolehan pengetahuan dan keterampilan hanya melalui teori dan praktek selama proses perkuliaan dilingkungan kampus. Dengan demikian itu belum dapat dikatakan sempurna tanpa dapat di aplikasikan di lapangan berdasarakan bidang minat masing-masing.
Bekal kerja yang di peroleh adalah pilar utama, baik dalam pembentukan kemampuan sikap dan perilaku profesionalisme mahasiswa sebagai calon tenaga kerja dan sekaligus memperkuat relevansi tuntunan dunia kerja  dan harapan masyarakat khususnya di era globalisasi dan pasar bebas dewasa ini. Oleh karena itu mahasiswa Fakultas Ekonomi (STIE) Makassar yang akan menyelesaikan studinya di wajibkan mengikuti Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)  sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan tugas akhir  untuk menyelesaikan studi pada jenjang strata satu (S1)  dan  untuk mengenal dunia usaha dimana pengetahuan teori dan praktek dapat diadaptasikan di lapangan kerja yang pada gilirannya akan menghasilkan tenaga kerja yang siap.



B.     Pengertian kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)
Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan swasta, dan Instansi Pemerintahan setempat. Keliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dikampus. Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama perkuliaan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah.
Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan yang ada, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun  kenyataan yang sebenarnya.

C.    Tujuan Dan Manfaat Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)
a.      Tujuan  Kuliah Kerja Lapangan plus (KKLP)
dalam melakukan kuliah kerja lapangan plus (KKLP), ada beberapa tujuan yang ingin dicapai diantaranya :
1.      Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan pada Fakultas Ekonomi STIE Makassar.
2.      Praktek kerja lapangan akan memberikan gambaran mengenai program aplikasi yang digunakan  dalam instansi yang ada..
3.      Untuk membandingkan ilmu yang didapat pada dunia kampus dengan ilmu yang diterapkan dilapangan (tempat KKLP).
4.      Mengaplikasikan ilmu yang didapat pada bangku kuliah secara nyata pada dunia perusahaan.
5.      Untuk mendapatkan tenaga kerja terdidik setelah lulus dan diterima bekerja dalam perusahaan atau dalam instansi-instansi tertentu..
6.      Untuk mengetahui perbedaan antara budaya kampus dengan budaya yang ada pada organisasi atau perusahaan.

b.      Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat praktek kerja lapangan adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Mahasiswa
Mahasiswa mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan. Melalui praktek kerja lapangan  mahasiswa mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja . Selain itu, mahasiswa akan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi di dalam dirinya melalui praktek kerja lapangan.
2.       Bagi Lembaga Perguruan Tinggi
Lembaga dapat menjalin kerjasama dengan dunia usaha, Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan. Praktek Kerja Lapangan dapat mempromosikan keberadaan Akademik di tengah-tengah dunia kerja.
3.      Bagi Tempat PKL
Institusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi dari praktek kerja lapangan tersebut. Dunia kerja atau institusi kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya. Kemudian laporan  praktek kerja lapangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktek tersebut.

D.    Tempat Dan Waktu Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP)
Tempat pelaksanaan kuliah kerja lapangan adalah bertempat pada kantor PT. TELKOM INDONESIA Tbk. Jalan ap pettarani no. 2 dan waktu  pelaksanaan terhitung tanggal 7 Oktober 2013 s/d 6 Desember 2013.
E.     Metode Pengumpulan Data
Adapun beberapa metode yang penulis lakukan dalam mengumpulkan data- data yang diperlukan antara lain :
1.      Observasi lapangan,  yaitu kegiatan mengamati dan mencatat segala sesuatu yang terjadi di lapangan.
2.      Wawancara, yaitu melakukan kegiatan terhadap segenap staf dan karyawan yang ada didepertemen terkait.
3.      Browsing internet, yaitu mengumpulkan data dan artikel website di internet.
F.     Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan laporan yang digunakan dalam menyusun laporan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) yaitu,
Sampul depan
Halaman judul
Halaman pengesahaan
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I Pendahuluan
A.    Latar belakang
B.     Pengaertian kuliah kerja lapangan plus (KKLP)
C.     Tujuan dan manfaat kuliah kerja lapangan kerja plus (KKLP)
D.    Tempat dan waktu kuliah kerja lapangan plus (KKLP)
E.     Metode pengumpulan data
F.      Sitematika penulisan laporan
BAB II Gambaran umum potensi lokasi
A.    Sejarah singkat perusahaan PT. TELKOM
B.     Layanan perusahaan PT. TELKOM
C.     Visi, Misi dan Budaya perusahaan
D.    Struktur organisasi
E.     Uraian tugas dan tanggung jawab
BAB III Identifikasi permasalahan dan pemecahan masalah
A.    SAP R/3
B.     FINeST
BAB IV Pelaksanaan Kegiatan
BAB V Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran-saran
Daftar pustaka













BAB II
GAMBARAN UMUM POTENSI LOKASI

A.    Sejarah Singkat Perusahaan ( PT. TELKOM )
            PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. ( Telkom, perseroan, perusahaan, atau kami ) yang pada awalnya bernama “ Post en Telegraafdienst penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline), dan telepon tidak bergerak kabel ( fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
            TELKOM mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta pelanggan dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta pelanggan.
            TELKOM merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh pemerintah Indonesia sebanyak ( 51,19%), dan public sebesar (48,81%).  Sebagian besar kepemilikan saham public (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. TELKOM juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan termasuk PT.Telekomunikasi Selular (PT. Telkomsel).
            Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian di konsolidasikan oleh pemeritah Hindia – Belanda ke dalam jawatan Post en Telegraaf Telefoon (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 oktober 1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg).
            Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan perusahaan Negara Telekomunikasi ( PN Telekominikasi).
            Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT. Indonesia Satellite Corporation Tbk. (PT. Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang – undang nomor 3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.
            Pada tahun 1991, Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Perseroan) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan peraturan pemerintah nomor 25 tahun 1991. Pada tanggal 14 november 1995 dilakukan penawaran umum perdana saham Telkom. Sejak saat itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan  di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya(BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.
            Tahun 1999 ditetapkan undang – undang nomor 36 tahun 1999 tentang penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sector telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi monopoli telekomunikasi Indonesia.
            Pada 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan  “New Telkom” (Telkom baru) yang di tandai dengan penggantian identitas perusahaan. Sampai dengan penggantian identitas perusahaan. Sampai dengan 31 desember 2009, jumlah pelanggan Telkom telah tumbuh sebesar 21,2% atau menjadi 105,1 juta pelanggan. Telkom melayani (8,4 juta) pelanggan telepon tidak bergerak kabel, (15,1 juta) pelanggan telepon tidak bergerak nirkabel, dan (81,6 juta) pelanggan telepon seluler. Untuk menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dan konektifitas tanpa putus, Telkom telah memperluas portofolio bisnisnya yang mencakup telekomunikasi, informasi, media, dan edutainment (TIME). Dengan meningkatkan infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) dan mobilitasi sinergi di seluruh jajaran Telkom Group, Telkom dapat mewujudkan dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas, kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.
            Kerja Sama Operasi (KSO) mulai di implementasikan pada januari 1996, Devisi Regional PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Mewakili wilayah – wilayah yang meliputi:
1.      Consumer Service Barat terdiri dari :
a)      Divisi Regional I, Sumatra Barat dengan mitra PT. Prapindo Ikat Nusantara (Prapindo)
b)      Divisi Reglonal II, Jakarta dan Sekitarnya.
c)      Devisi Regional III, Jawa Barat dan Banten dengan mitra PT. Aria West Internasional (Aria West).
2.      Consumer Service Timur terdiri dari :
a)      Divisi Regional IV, Jawa tengah dan DI Yogyakarta dengan mitra PT. Mitra Global Telekomunikasi (MGTI).
b)      Divisi Regional V, Jawa timur.
c)      Divisi Regional VI, Kalimantann, dengan mitra PT. Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra).
d)     Divisi Regional VII, Kawasan Timur Indonesia dengan mitra PT. Bukaka Singtel.
Perkembangan terakhir berdasarkan keputusan direksi Telkom, mulai tanggal 31 desember 1996 Telkom menambah 2 divisi yaitu divisi multimedia dan divisi pembangunan. Devisi multimedia dan Network provider dimasukkan sebagai pengelola bisnis utama, sedangkan divisi pembangunan termasuk divisi penunjang.
B.     Layanan Perusahaan ( PT. TELKOM )
Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wireline), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya. Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM :
1.      TELEPON
Fixed Phone ( Telkom Phone )
·         Personal line
·         Corporate line
·         Wartel & Telum
2.      NETWORK & INTERCONNECTION (Telkom Intercarier)
·         Interconnection services
·         Network Leased Service
3.      DATA / INTERNET
·         TelkomNet Instan, layanan akses internet dial up
·         TelkomNet Assinet, layanan akses internet berlangganan dengan focus perusahaan
·         Speedy, Layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broadband) menggunakan teknologi ADSL.
·         E-Business ( i-deal, i-manage, i-setltle, i- xchange, telkomWeb Kioetron, Telkom Web plazatron)
·         Solusi Enterprise – INFONET
·         TELKOM Link Dina Access
·         TelkomLink VPN IP, Layanan Komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS
·         TELKOM Net Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke internet suatu perusahaan yang di lakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/ Tunneling) pada TelkomNet
·         TELKOM ISDN, Jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari system telepon yang telah terintegrasi.
4.      SATELIT
·         TELKOM Satelite ( Sewa transponder)
·         TELKOMVSAT (VSAT)
5.      FIXED WIRELESS ACCESS ( Telkom flexi)
·         Prepaid Service ( Flexi Trendy )
·         Postpaid Services ( Flexi Classy )
C.    Visi, Misi, dan Budaya Perusahaan
Visi , Misi dan Budaya Perusahaan dari PT. Telkom Indonesia yaitu:
Ø  Visi Perusahaan
“ To become a leading InfoCom player in the region “
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan asia tenggara, asia dan akan berlanjut ke kawasan asia pasifik.

Ø  Misi Perusahaan
Telkom mempunyai misi memberikan layanan “ One Stop InfoCom Services with Exellent Quality and Competitif Price and To Be the Role Model as The Best Managed Indonesia Corporation “dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek – praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling mendukung secara sinergis. Dalam pencapaian dan pengakuan yang di peroleh Telkom, penguasan pasar untuk setiap portofolio bisnisnya, halnya kinerja keuangan, serta ppotensi pertumbuhannya dimasa mendatang, Telkom  menjadi model korporasi terbaik Indonesia.
Ø  Budaya Perusahaan
TELKOM’S 5C merupakan nilai – nilai inti baru yang akan membantu Telkom untuk membantu untuk mencapai cita – citanya sebagai pemenang industry TIME di pasar regional.
TELkOM’S 5C meliputi :
1)      Commitment to long term : melakukan sesuatu tidak hanya untuk keuntungan saat ini saja tetapi juga untuk masa mendatang.
2)      Customer first : selalu mengutamakan costomer terlebih dahulu, termasuk costumer internal.
3)      Caring maritocrazy : memberikan pembinaan melalui rewords dan consequences yang sesuai dengan kinerja dan perilaku.
4)      Co – Creation of win – win partnership : memperlakukan mitra bisnis sebagai rekan yang setara.
5)      Collaborative Inovation : menghilangkan internal silos didalam Telkom dan Telkom group, serta terbuka terhadap ide – ide dari manapun sumbernya.

D.    Struktur organisasi
Struktur organisasi adalah kerangka yang menunjukkan pekerjaan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta wewenang dan tanggung jawab tiap – tiap anggota organisasi pada setiap pekerjaan. Dalam pencapaian tujuan dan sasaran suatu organisasi sebuah perusahaan maka struktur organisasi memegang peranan yang sangat  penting sebab itu dapat di katakana bahwa struktur organisasi merupakan salah satu syarat dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan yang bersangkutan yang efektif dan efisien.
Struktur organisasi yang ada dalam suatu perusahaan belum tentu sama dengan perusahaan lain, sebab dalam pembentukan struktur organisasi dapat dipengaruhi oleh besarnya perusahaan, jumlah tenaga kerja, jenis produk dan jasa, daerah pemasaran. bentuk struktur organisasi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah garis, yaitu organisasi yang terdiri atas orang-orang atau unit-unit lini atau garis yang secara langsung ikut, serta instruksi berjalan langsung dari atasan ( kepala ) kepada bawahannya. Masing-masing bertanggung jawab pada atasannya langsung. Adapun fungsi dibuatnya struktur organisasi antara lain :
a.       Untuk mengetahui tugas dan weweng dari masing-masing bagian.
b.      Untuk mempertegas kedudukan dan tanggung jawab dari masing-masing bagian.
c.       Untuk mengetahui jabatan yang ada serta tingkatan masing-masing jenjang kepegawaian.
Skema struktur organisasi Finance Center Area 07 tercantum dalam lampiran.

E.     Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab
Berikut ini di uraikan mengenai tugas,  kewajiban dan tanggung jawab sebagai berikut :
·         SGM Financial Center :
1.      Mereview kelengkapan dan keakuratan pengajuan usulan besaran imprest fund SGM FC dan menandatanganinya / approval online.
2.      Mengusulkan promosi, mutasi serta pengembangan kompetensi karyawan di finance area.
3.      Menetukan key performance indikator & target unit.
4.      Menetapkan strategi manajerial unit dan rencana implementasinya.
·         SM General Support
1.      Bertanggung jawab atas efektivitas penyelenggaraan fungsi general support pada lingkup wilayah inance area, sehingga kebutuhan fasilitas penyelenggaraan operasional finance area dapat dipenuhi dan dilaksanakan secara efisien dengan administrai yang tertib.
2.      Mengelola aktivitas pengamanan aset, personal, informasi, dan data operasi perusahaan.
3.      Pengelola compliance dan perikatan.
·         Mgr. General Accounting
1.      Memastikan efectifias pengeloaan penyelesaian piutang, yang mencakup proses pencairan,  performance control, serta administrasi piutang di area operasi.
2.      Memastikan tersedianya dan efektivitas dukungan terhadap aktivitas operasional direktorat keuangan yang beroperasi di areanya.
3.      Memastikan efektivitas, konsistensi dan kepetuhan implementasi proses bisnis dan kebijakan finance operation, dengan menyelenggarakan pengendalian intern yang efektif untuk meminimalisir resiko.
4.      Kelengkapan dan kesesuaian pedoma / kebijakan kerja dengan pedoman unit.
5.      Melakukan review.
·         Mgr. Budget
1.      Memastikan tersedianya RKA di unit finance sub area.
2.      Memastikan tercapainya kinerja unit melalui pelaksanaan RKA dan implementasi sistem pengelolaan kinerja sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
3.      Rencana kerja anggaran unit yang dipimpinnya alignt dengan strategi objektif, serta memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan dan penggunaan anggaran.
4.      Memastikan tersedianya rencana kerja dan anggaran ( RKA ) unit yang dipimpinnya , serta memastikan efeltifitas pelaksanaanya.
·         Mgr. Cash & Bank
1.      Meraview hasil pemeriksaan keabsahan kelengkapan dan keakuratan dokumen pendukung penerimaan uang titilan dan memaraf dokomen pendukung atau log book.
2.      Memeriksa memo jurnal peneriman uang kas/bank atas pendapatan lain-lain dan tanda tangan pada memo jurnal.
3.      Tingkat kecukupan kas.
4.      Menyetujui pembentukan rekening bank finance center area.
5.      Menyetujui pendistribusian uang ke seluruh Sub Area operasi.
·         Mgr. Tax  Operation
1.      Menerima dokumen pertanggungan dan membuat / mengisi chek list pemeiksaan / chek list verifikasi dokumen pertanggungan.
2.      Memvalidasi keabsahan dokumen pendukung.
3.      Mereview hasil posting dan memaraf hasil posting.
4.      Tax optimization.
5.      Tingkat penyelesaian kewajiban pajak perusahaan.
6.      Otorisasi proses pemungutan PPn ( pastel & pengadaan ).
7.      Melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah terkait setempat (kantor pajak).
·         Off. Tax Operation
1.      Memverifikasi kelengkapan dan keakuratan cheklist pemriksaan dokumen pertanggungan dibandingkan dokumen pendukung.
2.      Memaraf dokumen yang sudah diverifikasi.
·         Mgr. Service KTI
1.      Mereview hasil verifikasi kelengkapan dan keakuratan chek list pemeriksaan dokumen pertanggungan beserta dokumen pendukung.
2.      Menandatangani chek list pemeriksaan doumen pertanggungan.
3.      Melakukan review hasil input park dokumen di SAP.
4.      Efisiensi biaya ( Target dan realisasi Biaya ).
5.      Akseptabilitas SGM finance center atas kinerja operasi anggaran di areanya.
6.      Kualitas prose, sesuai kebijakan, waktu penyelesaian.
7.      Kualitas out-put, tersedia rekomen yang didukung data dan analisis.
8.      Otorisasi pencatatan transaksi penerimaan.
·         Off Service KTI
1.      Melakukan posting SAP.
2.      Memproses SPM.
3.      Mendistribusikan SPB yang sudah ditandatangani ke officer cash dan bank.

















BAB III
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH
             Secara umum, kegiatan yang dilakukan pada finance center KTI VII adalah membuat SPB ( surat perintah bayar berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh tiap user, kemudian tugas-tugas dibagi berdasarkan BA (biussiness area). Pembuatan SPB ini berdasarkan anggaran yang telah ditntukan pada awal tahun. Setelah proses pembayaran SPB dilakukan, maka bagian pajak / taxation melakukan perhitungan / rekonsiliasi faktur pajak dan kelengkapan lainnya hingga membawa dokumen ke kantor pajak.
            Dalam prosesnya karyawan menggunakan beberapa program inti yaitu FINeST (Financial enhaced Supporting Tool) aplikasi database transaksi financial yang berbasis web, hanya dapat di akses melalui internet telkom oleh pengguna yang terdaftar. Program lainnya yaitu SAP R/3 yang berbasis ERP atau sistem informasi manajemen, hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah terdaftar. Meski pun SAP bukan program berbasis web tetapi tetap saling berhubungan dengan komputer-komputer karyawan satu sama lain. Khusus untuk pajak , program yang digunakan adalah Espt  berfungsi untuk validasi file hasil rekonsiliasi dalam bentuk csv dan membuat bukti potong, dsb.
            Berdasarkan uraian diatas, yang menjadi permasalahan bagi penulis selama menjalani kegiatan KKLP yaitu kekurang pahaman penulis mengenai aplikasi SAP dan FINEST yang dikarenakan penulis baru mengenal kedua aplikasi tersebut. Sehingga penulis sering mengalami kesalahan dalam menggunakannya untuk membantu pekerjaan karyawan.
            Untuk lebih memahami tentang program FINeST dan SAP R/3, penulis akan membahas lebih lanjut dengan mencari informasi yang lebih akurat mengenai kedua sistem informasi tersebut.
A. SAP R/3
            SAP R/3 merupakan suatu program dari sistem informasi manajemen yang digunakan PT. Telkom. Penggunaan SAP R/3 ini luas, dan memiliki beberapa modul yang cukup banyak saperti Financial accounting, material management (MM), plant maintenance, production planning, HR, etc. Tiap modul masing-masing mempunya Tcode di SAP dan digunakan berdasarkan aliran bisnis prosesnya. Untuk keperluan transaksi keuangan , misalnya cash-in, cash-out, perpajakan, menggunakan modul financial accounting.
            SAP R/3 membantu user untuk bekerja pada screen yang berbeda dengan kegiatan yang berbeda, seperti satu screen untuk mendisplay, dan satu screen untuk menginput. SAP R/3 menyediakan maksimum 6 (enam) screen yang dapat dibuka oleh satu user, (user sudah berada di menu SAP) klik icon matahari (berwarna kuning) yang terdapat di tols bar menu SAP dan tunggu sejenak hingga muncul lagi tampilan screen yang berisi menu SAP yang sama dengan screen yang pertama.
            Untuk menggunakan SAP R/3 pengguna harus terdaftar sebelumnya dengan user id tertentu. Jika sewaktu-waktu pengguna lupa password yang berulang-ulang, karena password yang salah dapat menyebabkan user id terblokir dan untuk mendapatkan user id yang baru pengguna harus menghubungi ke kantor pusat ( bandung ). Jika telah selesai menggunakan fasilitas SAP R/3 pengguna dapat keluar dari program dengan cara klik Log Off. 
B. FINeST
            FINeST ( Financial Enchanced Supporting Tools ) merupakan aplikasi database transaksi financial berbasis WEB, yang dapat diakses melalui intranet TELKOM oleh para pengguna yang telah terdaftar.
            FINeST dibangun dengan tujuan untuk mendapatkan sistem yang stabil, tepat dan valid dalam transaksi & pemrosesan, aman dalam hal otorisasi & user-accass level, serta memiliki kapasitas data yang memadai, mudah & cepat dalam pengoperasiannya ( user friendly ) . FINeST akan sangat berguna terutama bagi user, diantaranya :
1.      Mencatat pertanggunagan secara online, dimana saja yang ada fasilitas intranet Telkom.
2.      Status pertanggungan dapat ditelusuri sendiri setiap saat.
3.      Mengetahui saldo anggaran setiap saat.
Pengaturan User
User FINeST terdiri dari 3 jenis, yaitu:
1.      User sebagai operator yang akan dihubungkan dengan tampilan menu sesuai dengan kewenangan dan otoriras yang dimiliki, berdasarkan kedudukannya dalam organisasi .
2.      User sebagai administrator berfungsi untuk melakukan aplikasi setting parameter data keuangan yang akan dimasukkan ke database aplikasi, dan manajemen user profile.
3.      Manajemen sebagai user dapat memanfaatkan aplikasi diantaranya : KPA Online, Penelusuran Dokumen, Performansi Keuangan ( Realisasi Anggaran, Neraca & Laba / Rugi )
Proses Bisnis Cash Out
USER – VERIFIKASI – PARK – POST – PAYMENT – VENDOR.
USER
1.      Sebelum melakukan transaksi keuangan user melihat saldo anggaran yang ada di KPA Online.
2.      Lakukan Entry pertanggungan / transaksi melalui FINeST menu Cash Out Invoices, Archives Invoice Entry, sesuai dengan bukti keuangan dan alokasi anggaran yang telah ditetapkan.
3.      Cetak Pertanggungan ( Tel 21 Online ), selanjutnya pertanggungan ditandatangani oleh pemegang imprest fund dan diketahui oleh atasan dan pemegang kendali anggaran .
4.      Kirim ( Tel 21 Online ) berikut dokumen yang dilampiri print out Tel 21 ke unit Finance terkait.
UNIT FINANCE
1.      Menerima dokumen  ( Tel 21 Online ) berikut berkasnya.
2.      Melakukan Verifikasi pajak, keabsahan dan kelengkapan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
3.      Bukti pertanggungan yang belum lengkap dan kurang sah dikembalikan lagi ke user, sedangkan yang lengkap dan sah dilakukan proses park dan posting.
4.      Memproses dropping dan melaksanakan pembayaran.
USER
1.      Dokumen yang dikebalikan diperbaiki dan dilengkapi, selanjutnya dikembalikan lagi ke finance sesuai proses awal.
2.      Menerima pembayaran / penggantian uang sesuai surat bukti yang dipertanggungkan.












BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN
            Adapun kegiatan yang dilakukan selama pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) yaitu mengamati dan mempelajari kegiatan dan sistem operasional prosedur yang dikerjakan oleh karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Khusunya pada Finance Center Area 07 yakni parking dan posting dokumen kemudian mencetak memo jurnal sesuai dengan nomor parkednya kemudian membuat surat perintah bayar ( SPB ). Tapi sebelum membuat SPB terlebih dahulu di buatkan nomor identifikasinya dengan menggunakan aplikasi SAP F110, kemudian Zspb.
            Surat perintah bayar yang telah dibuat kemudian di approved oleh pihak yang memiliki outorisasi, kemudian diserahkan untuk ditandatangani sesuai kewenangan. Adapun pembagian wewenang penandatanganan SPB sebagai berikut :
  1. Rp 1,- s/d Rp 25.000.000,- Ditandatangani oleh OFF.1 CASH & BANK dan OFF 1 VER & TAX.
  2. Rp 25.000.000,- s/d Rp 500.000.000,- ditandatangani oleh  OFF 1 CASH & BANK dan OM FS0271 CS REG KTI.
  3. Rp 500.000.000,- ditandatangani oleh OSM FINOP SU.
Setelah SPB disahkan maka data surat tersebut akan dikirim ke pusat untuk ditindak lanjuti dan selanjutnya dokumen yang telah selesai pada akhir bulan akan diarsipkan.
BAB V
PENUTUP
  1. KESIMPULAN
            Berdasarkan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) yang di lakukan penulis selama 2 Bulan di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya yaitu:
            PT. Telekomunikasi Indonesia menggunakan SAP R/3 sebagai aplikasi sistem informasi manajemen, yang mencakup berbagai modul termasuk sistem informasi akuntansi. Sistem informasi manajemen yang berbasis komputer dan terintegrasi serta dibangun khusus untuk organisasi ini membuat PT. Telkom Indonesia berjalan lebih efektif dan efisien.
  1. Saran – Saran
            PT. Telkom Indonesia sebaiknya senantiasa mengup-date dan menyesuaikan database sistem informasi manajemen agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin serta tetap sesuai dengan regulasi berlaku yang ada. Dan untuk menjadi seorang karyawan dibutuhkan keterampilan khususnya di bidang komputerisasi, ketelitian, serta kedisiplinan dalam bekerja.


DAFTAR PUSTAKA
Arsip lokal PT. TELKOM Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia
Arsip lokal PT. TELKOM Divisi Regional VII KTI bagian Finance Center Area 07











LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 07 Okt 2013
·         Penerimaan & penempatan pd PT. Telkom Indonesia di Unit Finance Center Area 07
·         TTD surat pernyataan ID Card

Selasa, 08 Okt 2013
·         Pengenalan lingkungan kerja pd FS Area 07
·         Presentasi singkat tentang PT. Telkom Indonesia

Rabu, 09 Okt 2013
·         Input data Bank Garansi
·         Membuat agenda surat keluar ( leg Book) garansi incoming tahun 2013
·         Verifikasi dokumen tagihan vendor & posting dokumen tagihan vendor

Kamis, 10 Okt 2013
·         Infut & verifikasi laporan pendapatan untuk wilayah se KTI
·         Membuat surat konfirmasi Bank garansi masing2 vendor

Jum’at, 11 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Verifikasi surat perintah pembayaran


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI


Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314
LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 14 Okt 2013
·         Libur bersama

Selasa, 15 Okt 2013
·         Libur Hari Raya idul Adha

Rabu, 16 Okt 2013
·         Izin

Kamis, 17 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Proses mengimput rekening Koran (RC) pd Bank Mandiri, BNI, BRI
·         Membuat memo jurnal pengeluaran

Jum’at, 18 Okt 2013
·         Validasi & Reconsilidasi faktur pajak & gandakan fktur pajak
·         Rekonsiliasi PPN


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314

LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 21 Okt 2013
·         Gandakan faktur pajak dari tiap2 vendor
·         Setor ke Bank BNI
·         Verivikasi memo jurnal pendapatan tunai

Selasa, 22 Okt 2013
·         Izin

Rabu, 23 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Transaksi ke Bank BNI

Kamis, 24 Okt 2013
·         Mengantar surat permintaan transfer ke Bank BNI
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Jum’at, 25 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314

LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 28 Okt 2013
·         Setor ke Bank BNI
·         Gandakan SK & mengurutkannya

Selasa, 29 Okt 2013
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Membuat memo jurnal transaksi aku beban

Rabu, 30 Okt 2013
·         Transaksi ke Bank BNI & cetak buku rekening
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)

Kamis, 31 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Scan dokumen faktur fajak

Jum’at, 01 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal beban
·         Transaksi ke Bank BNI
·         Membuat memo pendapatan tunai


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314

LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 04 Okt 2013
·         Libur bersama

Selasa, 05 Okt 2013
·         Libur Tahun Baru Hijriah

Rabu, 06 Okt 2013
·         Membuat mmemo jurnal pendapatan tunai
·         Verifikasi PPN & validasi faktur pajak

Kamis, 07 Okt 2013
·         Membuat surat perintah bayar
·         Membuat jurnal pendapatan tunai
·         Infut & verifikasi laporan pendapatan untuk wilayah KTI

Jum’at, 08 Okt 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Verifikasi surat perintah pembayaran
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314

LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 11Nov 2013
·         Membuat jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Transaksi ke Bank BNI

Selasa, 12 Nov 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)

Rabu, 13 Nov 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Transaksi ke Bank BNI

Kamis, 14 Nov 2013
·         Mengantar surat permintaan transfer ke Bank BNI
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Jum’at, 15 Nov 2013
·         Izin


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314


LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 18Nov 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar
·         Transaksi ke Bank BNI

Selasa, 19 Nov 2013
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Rabu, 20 Nov 2013
·         Izin

Kamis, 21 Nov 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Mengantar surat permintaan ke Bank BNI

Jum’at, 22 Nov 2013
·         Izin


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314



LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 25 Nov 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Transaksi ke Bank BNI

Selasa, 26 Nov 2013
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Rabu, 27 Nov 2013
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)
·         Transaksi ke Bank BNI
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Kamis, 28 Nov 2013
·         Mengantar surat permintaan transfer ke BNI
·         Verifikasi surat perintah pembayaran

Jum’at, 29 Nov 2013
·         Mengantar surat transfer ke BNI
·         Scan dokumen faktur pajak


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314


LAPORAN KEGIATAN HARIAN
PROGRAM MAGANG
KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP)
ANGKATAN XXXVI TAHUN A 2013-2014
Nama Mahasiswa        : Sudirman
NPM                           : 10 510 043
Program Studi             : Akuntansi Keuangan
Lokasi                         : PT. Telkom Indonesia, Tbk
                                      Unit Finance Center Area 07
Hari/Tanggal
Kegiatan
Paraf
Senin, 02 Des 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Verifikasi PPN & validasi faktur pajak

Selasa, 03 Des 2013
·         Verifikasi surat perintah bayar
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai

Rabu, 04 Des 2013
·         Mengantar surat transfer ke Bank BNI
·         Validasi & reconsiliasi faktur pajak & gandakan

Kamis, 05 Des 2013
·         Membuat memo jurnal pendapatan tunai
·         Membuat surat perintah bayar (SPB)

Jum’at, 06 Des 2013
·         Transfer ke Bank Bni
·         Pengembalian ID Card


Mengetahui :
       Ketua P3M                                                                         Operation Manager FC
Stie-Indonesia Makassar                                                         0272 UBIS PO REG KTI




Muhammad Nadar.,S.E.,M.Si                                                                 Abdul Rauf Alwie
NIDN.0925016301                                                                      NIK.621314




Comments

Popular posts from this blog

Mobile Legends - Roger Manusia Serigala Pemburu